Sampai Maret Saja.

Ternyata selasa ini tepat lima minggu pasca proposal bulan lalu. Target wisuda Desember bakal terundur lagi. Nyesek. Tapi mau bagaimana lagi? Senin kemarin yudisium untuk wisuda bulan Desember sudah digelar. Menunggu yudisium di bulan November pun tidak pasti dan tidak mungkin.

Proses penyelesaian Tugas Akhir itu lebih lama dibanding Tugas Besar. Faktor kerajinan dan ketermalasan yang juga menentukan. Beda sama Tugas Besar, kalau Tugas Besar satu semester bisa dapat lima macam, dan semuanya bisa sukses masuk. Kalau Tugas Akhir yang cuman satu belum tentu bisa selesai dalam satu semester. Karena itu tadi, faktor. Mungkin Tugas Besar bisa masuk difaktorkan karena Jadwal Asistensi yang pasti, dan sedikit keterpaksaan, karena kalau Tugas Besar tidak masuk berarti Mata Kuliahnya batal, dan kalau MK'nya batal berarti itu harus menunggu tahun depan, apalagi buat MK yang bersyarat mesti lulus dulu baru lanjut MK berikutnya...Waahhhh parah, efek domino jadinya. Makanya banyak yang bisa selesaikan Tugas besar yang jumlahnya banyak dalam satu semester dibanding Tugas Akhir yang cuman satu saja.

Kalau diibaratkan, batal Tugas Besar itu sama dengan menunda kelulusan. Dan Menunda kelulusan sama dengan menunda masa depan. hehehe...

Pasang target Desember, eh tertunda lagi. Bakal di kampus sampe Maret, Insya Allah :'D
Rada sentimen dikit kalo ditanya, kapan maju? -_- tak segampang itu maju hasil bro. Nanti kalo udah rasa jadi mahasiswa tingkat akhir begini, pasti bakal ketemu pertanyaan2 kayak gitu. :p

Semogalah bisa merampungkan semuanya Tahun ini, biar bisa lebih tenang pas tahun baru 2016. Dan semoga Wisuda Maret bisa terlaksana, dan menjadi hadiah terindah di bulan kelahiran. Aamiin :')

Komentar

Postingan Populer