Cerita tentang Rabu

Rabu adalah hari istimewa di fakultasku. Sebab pada hari Rabu, akan terlahir sarjana muda Teknik Sipil. Perjuangan untuk bisa memakai hitam putih di hari Rabu, tak mudah. Semuanya butuh proses yang panjang. Segalanya di uji. Dan untuk berada pada Rabu terakhir harus melewati dua sesi Rabu sebelumnya (Proposal dan Seminar Proposal).

Entah ini rabu yang keberapa telah terlewatkan untukku. Rasanya menyerah untuk menargetkannya lagi, beberapa kali selalu teringkari. Apakah usaha yang kurang? Tapi, tetap saja kalau belum direstui oleh mereka tetap saja tak bisa berbuat banyak. Kandas.

Ternyata menyusun tugas akhir itu banyak rintangannya. Untuk menyusun proposal saja kesabarannya diuji, hingga sebulan lebih menunggu data proyek. Dan saat ada, dopingnya sibuk. Meski tengah berusaha, namun apa boleh buat. Tapi, selalu berusaha untuk berpikir positif. Menjadikan waktu yang dilewatkan untuk pembelajaran awal. Proses asistensinya pun sedikit berbeda dan penyusunannya pun bukan seperti menyusun tugas makalah biasa. Mesti merujuk pada referensi yang memang nyata dibaca, bukan copy paste.

Semangat pun naik turun, tidak stabil. Kadang semangat sekali, ehh tiba-tiba malas minta ampun x_x. Sempat jatuh sakit beberapa hari dan beberapa kali, ya Allah..

Kalau ditanya kapan maju, hanya bisa jawab "Rabu. Entah rabu kapan" hihih.

Saya yakin setiap mahasiswa tingkat akhir punya cobaan masing-masing dalam menjalani misi terakhirnya. Ada-ada saja yang terjadi. Ada teman yang mau maju tugas akhir tapi seluruh filenya hilang karena virus, syukurnya ada print out'nya (nih, bisa jadi pelajaran. Simpan file TA itu dimana2).

Ingat, "Tidak ada satu orang pun mahasiswa tugas akhir yang tidak memiliki ujian saat memperjuangkan TA. Ujian itu akan semakin menguatkan, meski kita pernah berada dititik terendah. Dan setiap ujian berbeda untuk hamba-hamba-Nya. Allah telah mengaturnya sesuai kadar kemampuan kita. Dan, Allah telah menjadikan kita mampu sebelum Allah memberikan ujian itu. Dan tidak akan ada yang menyelesaikan tugas kita selain diri kita sendiri" #pengingatpribadi

Tetep semangaat, demi perjuangan mama dan papa..
Insya Allah, Rabu awal bulan september 2015.. :)

Komentar

Postingan Populer