Mau di Marahi..

Apa harus dimarahi dulu baru ambil buku untuk dibaca?


Saya jadi ingat kejadian beberapa tahun lalu saat masih duduk dibangku sekolah dasar (SD). Wah, sudah lama ternyata..hehe. Dulu, saya tipe anak yang paling males disuruh baca buku. Tapi gak tau kenapa juga bisa ambil rangking kelas, tapi selalu gagal buat jadi juara 1.  Kalau disuruh baca buku, seperti diajak berkelahi. Serumah ribut minta ampun -__-.

Kebetulan pula, saya terlahir dari kedua orang tua pendidik. Sebagai seorang pendidik, pasti mereka ingin anaknya juga tetap dalam pengawasan ketat belajarnya. Masa bisa ngedidik anak orang, sementara anak sendiri gak bisa..begitu kali yaa.. *piss pa,ma

Masih tentang 'malas baca buku'. Suatu hari saya kena marah, gara-gara besok mau ujian sementara saya malah asyik cerita dikamar sama kakak2 yang bekerja dirumah. Hari itu kayaknya papa sudah tidak tahan lagi, ngeliat tingkah anaknya yang malas belajar.

Syukurlah, saya punya orang tua yang tahu bagaimana caranya menegur anaknya dengan baik. Dari dulu, kalo kita punya salah selalu dipanggil dan duduk bersama. Mencari kebenaran atau pemahaman yang sama terhadap masalah itu.

Saya tahu, kalau kali itu papa marah. Tapi tetap saja beliau berusaha untuk menutupinya "Kamu tidak belajar?" tanya papa
"Sudah pa" jawabku, bohong
"Papa tidak lihat, mana bukunya?" tanya papa lagi
"jleb" saya diam
"Ambil buku, baca. Pokoknya mulai malam ini, papa tidak mau lagi liat kau hanya cerita saja. Belajar!" ujarnya tegas

Kadang saya keras seperti batu, keras kepala. Tidak takut sama siapa pun. Tapi, ada saatnya saya lemah. Tak bisa dibentak sedikit mewek. Apalagi sama orang tua.

Entahlah, malam itu saya jadi anak yang cengeng. Saya dipaksa buat belajar. Saya baca buku sambil dijaga. Sambil baca sambil nangis pula. Entahlah, malam itu saya keras kepala. Mau berontak, tapi saya pun takut. Takut dimarahi, karena ini memang saya salah..tidak pernah baca buku. Padahal orang tua selalu saja memenuhi kebutuhan sekolah, termasuk buku yang harganya lumayan mahal dengan gaji mereka yang tak seberapa.

Dan saya tidak tahu, sejak kapan tepatnya saya mulai jatuh cinta dengan namanya "Buku". Maksudnya mulai suka baca buku, bahkan nyisipin duit jajan buat beli buku. Sekalipun itu novel..hehe, yang penting dibaca'kan :D

Alhamdulillah, koleksi buku sudah ada. Sekarang rak buku'nya udah gak muat.

"Apa harus dimarah lagi baru ngerjain skripsi??"

Mungkin iya. :"D

Sampai saat ini ketermalasan ini sungguh keterlaluan. Buat malas untuk mikir tentang skripsi. Saya bingung bagaimana mengatasinya -__-. Mungkin saya perlu dimarahi lagi, biar saya cepat-cepat ngurus semuanya. Kebingungan pun melanda, entahlah apa lagi yang ditunggu..padahal kesempatan sudah didepan mata. Tapi semangatnya timbul tenggelam, saya butuh dimarahi dan disemangati...

Itu jawaban dari topik tulisan malam ini :')
Marahin saya lagi..

Komentar

Postingan Populer