Ajari Aku Tuk Tersenyum


Ajari aku tuk tersenyum,
Ajari aku layaknya matahari yang mengajari bulan bagaimana caranya mengeluarkan cahaya indah..
Ajari aku tuk tersenyum,
Ajari aku seperti hembusan angin yang mengajari dedaunan bagaimana caranya bergerak..
Ajari aku tuk tersenyum,
Ajari aku bagaimana alunan lagu yang tenang mengajari telingan bagaimana caranya mendengar..

Aku tahu,
Warna-warni sebuah senyuman telah lama hilang dari hidupku..
Aku tahu,
Bekas-bekas senyuman telah memudar di dalam jiwaku..
Dan aku tahu,
Tulisan-tulisan senyuman yang dulu ada kini telah terhapus dibuku-buku hatiku..

Ajari aku tuk tetap tersenyum,
Bagai senyuman gadis kecil dalam dekapan hangat bunda
Meski aku tahu tak bisa lagi setulus yang aku mau
Ajari aku tuk tetap tersenyum,
Bagai seorang pria yang telah mengijab kabul wanita pilihannya,
Meski aku tahu tak bisa lagi seindah yang aku harap..

Kenapa kau selalu diam ketika aku memintamu untuk mengajariku tersenyum?
Haruskah aku bermohon sambil berlutut dihadapanmu agar kau luluh mengajariku menggambar warna-warna senyuman?

Kenapa kau selalu pergi ketika aku memintamu mengajariku melantunkan suara-suara indah sebuah senyuman?
Haruskah aku bersujud dihadapanmu hingga larimu terhenti karena melihat sujud kesedihanku?

Kenapa kau selalu saja menghilang ketika aku memintamu mengajariku bagaimana cara menulis kata-kata tulus sebuah senyuman?
Apakah aku harus memperlihatkan kepadamu darah dalam diriku yang sangat ingin lagi tersenyum agar kau tak lagi menghilang untuk mengajariku?

Aku sadar, mungkin kau lari karena ada ragu,
Ini aku tanpa paksaan
Aku hanya ingin belajar hangatnya senyuman,
Karya ukiran indah hati
Aku tahu, mungkin kau bimbang,
Ini aku penuh harap
Ku mohon jangan menjauh, karena hanya kamu yang tau apa itu senyuman..

Ajari aku tuk tersenyum,
Tersenyum tulus penuh kasih
Tanpa beban dan tanpa benci
Tersenyum karena bahagia yang luar biasa..

Ajari aku tuk tersenyum,
Meski senja tak lagi merona
Meski mentari tak hangat lagi
Meski aku tengah bersedih..

Ajari aku tuk tetap tersenyum,
Meski pada akhirnya aku tak dapat melihatnya lagi..
Ajari aku tuk tetap tersenyum,
Tersenyum tulus dan bahagia,
Tersenyum sebab kau pernah mengajariku bagaimana senyuman itu
Tersenyum, walau pada akhirnya aku takkan bisa memiliki senyumanmu...

(Sajak "Ajari Aku Tuk Tersenyum") by NICE (Nurul, Imam, Caca, Eky)

Komentar

Postingan Populer