Pilihan Tugas Akhir

Tugas Akhir adalah misi terbesar yang harus diselesaikan dibangku kuliah. Karena Tugas Akhir adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mendapat pengakuan setelah banyak semester yang dilalui. Jika Tugas Akhir kelar, maka kamu siap mendapatkan tambahan nama di belakang namamu.

Tugas Akhir mempunyai beberapa jenis tergantung Universitas dan fakultas masing-masing sih. Ada TA yang bertujuan untuk penelitian dan ada yang bertujuan untuk perencanaan. Baik penelitian ataupun perencanaan masih terbagi-bagi lagi dalam beberapa kategori.

Pemilihan judul TA pun beda-beda. Kalau punya topik yang bisa dijadikan bahan TA segera konsultasikan untuk mengajukan judul, sebaiknya cari-cari doping (dosen pembimbing) yang menurut kamu bisa diajak diskusi dengan baik. Kalaupun belum terpikir topik yang akan dijadikan bahan TA, coba konsultasikan dengan doping yang kira-kira bisa mengarahkanmu.

Oia, ada manfaatnya loh kalau bisa kenal baik dengan dosen. Setidaknya rasa canggung untuk diskusi jadi gak terasa tapi ingat tetap 'menghormati'. Ada baiknya satu semester sebelum program TA kamu sudah punya calon topik dan referensi tentang topik yang akan kamu angkat untuk dijadikan TA. Setelah itu segera konsultasikan dengan calon doping. Tidak masalah kok kalau mau diskusi dibeberapa dosen yang bakal jadi calon doping, dari hasil diskusi tentang calon topik TA kamu juga bisa menemukan mana dosen yang cocok buat jadi doping.

Judul TA yang murni dari kamu harus benar-benar dipelajari dan dimengerti, karena doping hanya akan bantu mengarahkan. Apalagi nih kalau ambil judul tentang perencanaan, dasar perencanaan mesti paham. Diperencanaan dituntut untuk mengerti dasar perencanaan entah itu terkait aturan ataupun pelaksanaannya. Oia, penelitian murni yang usulan kamu sendiri pun seperti begitu.

Judul TA yang didapat dari dosen sedikit lebih mudah, doping bukan hanya sekedar mengarahkan tapi lebih banyak turut andil kalo liat dari pengalaman beberapa orang. Karena judul dari doping itu kadang sih bagian dari penelitian mereka, jadi sudah tahu kemana arah akhir dari hasil penelitian tersebut.

Entah judul sendiri atau judul dari doping tetap sama kok, mesti belajar dan paham prosedur.. So, dipikir-pikir sedari dini tentang topik TA nanti yaa.. biar pas kena jadwalnya sudah bisa mulai perjuangannya.. ^^

Komentar

Postingan Populer